Cara memasang google analytics di wordpress website dengan mudah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Bagaimana memasang kode Google analytics pada website WordPress kita. Sangat banyak sekali cara untuk memasang kode Google Analytic pada website, ada yang menggunakan plugin js atau pasang code pada theme.

Sebelum itu bagi Anda yang belum tahu Google analytics itu apa secara mudah dipahami yaitu sebuah tools gratis yg disediakan oleh google, untuk memudahkan para pemilik website untuk memonitoring performa dari website mereka.

Hal ini sangat membantu para pemilik website untuk mengetahui performa dari segi kecepatan akses dari berbagai device ataupun browser. Serta membantu untuk mengevaluasi content-content mana yg bagus untuk website.

Kita juga dapat melihat content yg di akses melalui dashboard google analytics, berapa lama halaman tersebut di buka hingga dari mana link website di buka.

Sehingga kita dapat meningkatkan kualitas strategi untuk website kita. Pemasangan google analytics pada website sangatlah mudah.

Pada artikel tutorial ini kita akan menggunakan plugin Simple Starter Hooks For Client Web, yakni plugin sederhana yang sangat ringan, hanya beberapa code yang ada didalamnya, sehingga lebih cepat dan mengurangi penggunaan resources pada hosting atau server.

Atau anda yang memang ingin membuat landing page untuk iklan berbayar seperti facebook ads, google ads yang memerlukan kecepatan. Mungkin cara di tutorial ini cocok untuk anda. ataupun anda yang memang hanya ingin memasang google analytics saja untuk website wordpress anda.

Summary Step

Sangat lah muda dan simple untuk memasang code google analytics pada website. Dengan bantuan plugin atau edit themes. Pada tutorial ini kita akan langsung loncat ke step pemasangan, untuk cara daftar mungkin saya akan buatkan artikel di lain waktu, anda bisa langsung daftar secara mandiri ke website https://analytics.google.com/. Pastikan anda telah memiliki email gmail untuk mendaftar. Ikuti step dari google hingga tampil code yang akan kita gunakan.

Langsung saja kita bahas, kita akan menggunakan plugin yang sangat simple yakni Simple Starter Hooks For Client Web dan ini gratis.

Karena sangat simple plugin ini merupakan hanya perantara dan kita akan melakukan edit pada plugin ini. Sehingga plugin ini berguna sebagai injector ke wordpress kita.

Pertama anda download plugin disini Download Simple Starter Hooks For Client Web, setelah terdownload anda dapat mengupload ke website wordpress anda dan silakan active-kan.

Setelah itu Kita akan edit plugin tersebut dan menanamkan code google analitycs-nya.

Step by step

1.Pastikan anda telah login ke google analytics
2.Cari pengaturan / gambar gear -> klik data stream

3.Akan muncul seperti ini, pilih domain website yang akan di pasang.

4.Akan muncul detail dari domain tersebut, klik pada bagian “global site tag (gtag.js)” yang mana dari category tab “Add new on-page tag”

5.dan akan muncul seperti ini, silakan klik gambar copy, dan copyan tadi simpan pada notepad atau note software yang biasa anda gunakan.

6.Download plugin injector disini Download Simple Starter Hooks For Client Web, plugin ini aman, anda bisa cek isinya. hanya beberapa file kosong dan beberapa line code dasar. Baik, ikuti semua stepnya. setelah terdownload anda dapat mengupload ke website wordpress anda dan silakan active-kan. seperti ini:

7.Anda masuk ke menu plugins -> plugin editor -> kanan atas “select plugin to edit” dan pilih ” simple starter hooks for client web “, klik select.

Disclaimer: kami tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan atau kerusakan atau error pada website ketika melakukan editing atau penggunaan plugin ini. Tips: dari kami hanya edit plugin “simple starter hooks for client web” saja, jangan edit yang lain.

8.Akan tampil seperti ini, setelah itu akan muncul editor untuk edit plugin “simple starter hooks for client web

9.copy code di bawah dan paste js google analytics yang telah di simpan tadi ke line ” <!–kode js disini, line ini bisa di hapus–> ” dan anda dapat menghapus line tersebut setelah menpaste code jsnya.

//untuk google analytics
add_action('wp_head', function(){
	//untuk membatasi tampilan admin
	if( (is_admin() && is_blog_admin()) || is_admin()){
		return;
	}
				
	//untuk membatasi akses oleh woocommerce shop_manager dan administrator
	if( is_user_logged_in() && ( current_user_can('administrator') || current_user_can('manage_woocommerce') ) ){
		return;
	}
				
	//paste kode js anda di bawah
	?>
				
	<!--kode js google analytics paste disini, line ini bisa di hapus-->

	<?php
	//paste kode js anda&
});
//untuk google analytics&

10.Tampilan akhir seperti ini, dan silakan menyimpan dengan klik update file.

kode pada poin 9 merupakan kode php, yang mana ia menghook ke head dari html wordpress. dan beberapa tambahan seperti is_admin dan sebagainya seperti comment tanda “//” dia berguna untuk mengecualikan admin di hitung, sehingga bisa lebih presisi. pada hasil google analytics.

11.Test di mobile phone dengan membuka link domain anda. kemudian buka dahsboard google analytics tadi pilih menu reports.

dan akan muncul 1 pengguna seperti gambar di bawah

Selamat anda berhasil mensetup google analytics.

Kesimpulan

Google analytics sangatlah berguna untuk performa website kita dalam artian untuk sebagai parameter tambahan dalam menentukan konten, strategi website kita kedepannya. Karena banyak kegunaan yang kita dapatkan seperti melihat visitor secara realtime, kita bisa tau apakah konten kita menarik atau tidak, selain itu juga dapat di jadikan acuan karena kita dapat tau berapa lama visitor membuka halaman website kita. Dan keunggulan-keunggulan lainnya.

Pemasangan Google Analytics dirasa cukup mudah, walaupun pasti ada kendala.

Silakan di-share jika ini bermanfaat, anda juga dapat berdiskusi dengan berkomentar di bawah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.